Ridwan Kamil Optimistis Ekonomi Jabar Tahun Depan Tumbuh 4 Persen

Arif Budianto · Kamis, 03 Desember 2020 - 15:00:00 WIB
Ridwan Kamil Optimistis Ekonomi Jabar Tahun Depan Tumbuh 4 Persen
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung, Kamis (3/12/2020). (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Ekonomi Jawa Barat pada 2021 diprediksi membaik dibanding tahun ini, bahkan bisa keluar dari pertumbuhan negatif. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis ekonomi Jawa Barat tumbuh pada kisaran 4 hingga 5 Persen tahun depan.

Sejumlah indikator positif menjadi alasan Ridwan Kamil optimistis. Investasi bagus, kinerja ekspor tertinggi di Indonesia, dan Jawa Barat memiliki Pelabuhan Patimban yang bakal segera diresmikan. 

"Saya optimistis tahun depan ekonomi Jabar akan tumbuh membaik. Indikatornya, sekarang ekonomi mulai menggeliat. Investasi bagus, kinerja ekspor tertinggi di Indonesia, dan kita ada Pelabuhan Patimban yang bakal segera diresmikan. Ini akan mendongkrak ekonomi tumbuh dua kali lipat," kata Gubernur Jabar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung, Kamis (3/12/2020).

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Herawanto mengatakan, secara keseluruhan, ekonomi Jawa Barat pada 2021 diperkirakan akan lebih baik dibandingkan dengan 2020 dan berpotensi tumbuh positif. Tahun 2020 perekonomian Jawa Barat diperkirakan masih tumbuh negatif pada kisaran -1,94% s.d -1,54% (yoy). 

"Sementara pada tahun 2021 diharapkan dapat tumbuh positif, tentu dengan beberapa hal penting yang perlu untuk dipastikan dilaksanakan oleh kita bersama-sama," kata Herawanto.

Menurut dia, realisasi potensi pertumbuhan ekonomi yang semakin baik menjadi harapan semua pihak. Salah satu kuncinya, terus berjalannya proses pemulihan perekonomian adalah dengan membangun optimisme semua kalangan, baik dari otoritas, regulator, pelaku bisnis, akademisi, asosiasi dan komunitas masyarakat. Termasuk berupaya menjaga momentum pemulihan ekonomi dengan menciptakan suasana yang kondusif bagi aktivitas ekonomi.

Searah dengan peningkatan mobilitas masyarakat, indikator sektor pariwisata pun menunjukkan perbaikan, seperti membaiknya tingkat hunian akomodasi dan jumlah wisatawan yang datang ke Jawa Barat, meskipun masih berada di bawah kondisi normal. 

"Kita semua tentu berharap kondisi ekonomi Jawa Barat pada triwulan IV 2020 berpotensi lebih baik. Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada triwulan IV 2020, secara tahunan dapat membaik pada kisaran -0,28% s.d. 0,78% (yoy)," ujar dia.

Sementara secara triwulanan, perekonomian Jawa Barat pada triwulan IV 2020 berpotensi untuk tumbuh positif di kisaran 2,64% s.d. 3,54% (qtq).

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: