Ridwan Kamil: Jabar Siaga Satu Bencana

Nani Suherni ยท Sabtu, 10 Oktober 2020 - 08:54:00 WIB
Ridwan Kamil: Jabar Siaga Satu Bencana
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengecek logistik bansos Covid-19 di Kantor Sentral Pengolahan Pos (SPP) Bandung. Foto: (Dok. Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil sudah meminta kepada bupati/wali kota agar siaga satu bencana. Hal itu dikatakan Kang Emil usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden dan para Gubeenur se-Indonesia lewat video conference di Gedung Negara Pakuan, Jumat (9/10/2020).

"Selain dengan presiden, rapat tadi juga dihadiri Pak Munardo Kepala BNPB yang meminta daerah untuk bersiaga menghadapi bencana di musim hujan ini. Maka langsung saya meminta para bupati dan wali kota di Jabar siaga satu menghadapi atau mengantisipasi bencana," katanya dilansir dari website resmi Pemprov Jabar, Sabtu (10/10/2020).

Menurut Kang Emil kesiagaan itu sangat penting dilakukan untuk meminimalisir korban dan kerugian jika terjadi bencana. Namun, dia berharap tidak ada bencana di Jabar.

"Tapi naudzubillah ya, mudah-mudahan tidak terjadi. Tapi kesiagaan itu tetap harus dilakukan untuk mengantisipasi karena musim hujan yang sekarang itu termasuk hujan ekstrim," ujarnya.

Lalu karena saat ini masih ada pandemi, maka BPBD di daerah juga diminta untuk menyiapkan tempat pengungsian yang standar protokol kesehatan, seperti ada penjarakan dan lengkap dengan fasilitas penunjang seperti tempat cuci tangan dan penyediaan masker.

"Jadi harus beda dengan tempat pengungsian di masa normal. Tempat pengungsian di masa pandemi harus memperhatikan protokol kesehatan," ucapnya.


Editor : Nani Suherni