Ridwan Kamil Dorong Pemuda di Jabar Tangkap Peluang Energi Baru Terbarukan

Agung Bakti Sarasa ยท Sabtu, 01 Mei 2021 - 08:06:00 WIB
Ridwan Kamil Dorong Pemuda di Jabar Tangkap Peluang Energi Baru Terbarukan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendorong para pemuda menangkap peluang di bidang energi baru terbarukan. (Foto/Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) mendorong pemuda di Jabar menangkap peluang di bidang energi baru terbarukan (EBT). Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan Pelatihan Usaha Pemuda Sektor Energi di Era New Normal secara virtual yang digelar Dewan Energi Mahasiswa Indonesia di Depok, Jumat (30/4/2021).

"Dengan semangat baru, kita harus memikirkan energi terbarukan demi masa yang akan datang," ujar Kang Emil-sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil mengemukakan energi terbarukan merupakan energi masa depan karena ketersediaan cadangan akan bahan bakar fosil terus menurun dari tahun ke tahun. Di sisi lain, kebutuhan energi untuk pemenuhan kehidupan manusia di muka bumi terus meningkat.

"Oleh karenanya, transisi energi mutlak dilakukan demi masa depan," katanya.

Menurutnya, peluang memanfaatkan EBT harus mulai dibangun mengingat ketersediaannya akan terus ada sepanjang masa selama masih ada matahari, angin, air, panas bumi dan energi penggerak lainnya.

Kang Emil juga mengungkapkan, hasil studi dari Standford University menyatakan, kemandirian energi dengan memulai transisi energi dari tidak terbarukan menjadi terbarukan bisa terwujud pada 2050 mendatang.

Dia menjelaskan, yang dimaksud memanfaatkan peluang energi terbarukan yakni memaksimalkan proses alam berkelanjutan seperti energi air, matahari, angin dan sumber energi bergerak lainnya.

"Saya optimistis kemandirian energi dengan energi terbarukan bisa dicapai. Saat ini, masih dalam proses transisi sehingga kita harus melakukan langkah awal karena di situlah peluang bisnis untuk pemuda ini banyak sekali. Mari kita bersemangat memanfaatkan peluang tersebut, bahkan bisa menjadi sumber profesi atau sumber karir baru," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: