Ridwan Kamil Beberkan Perkembangan Bendungan Ciawi-Sukamahi: Sudah 45 Persen

Muhammad Fida Ul Haq ยท Jumat, 03 Januari 2020 - 14:36 WIB
Ridwan Kamil Beberkan Perkembangan Bendungan Ciawi-Sukamahi: Sudah 45 Persen
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengunggah perkembangan pembangunan dua bendungan yaitu Ciawi dan Sukamahi. Kang Emil, sapaan akrabnya, menyebut saat ini pembangunan sudah mencapai 45 persen.

"BENDUNGAN CIAWI DAN SUKAMAHI progresnya sudah 45 persen," tulis Kang Emil di akun Instagramnya, Jumat (3/1/2020).

Emil mengatakan dua bendungan tersebut nantinya diprediksi dapat mengurangi banjir di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek). Pembangunan dua bendungan itu menggunakan dana APBN.

"Salah satu solusi engineering penanganan banjir Jabodebek yaitu dengan membangun 2 Bendungan dari dana APBN kerjasama Kementrian PUPR dan Pemprov Jawa Barat. Jika selesai fungsi 2 bendungan ini Insya Allah akan signifikan mengurangi potensi banjir di Jabodebek," ucap Emil.

Tangkapan layar akun Instagram Ridwan Kamil
Tangkapan layar akun Instagram Ridwan Kamil

 

BACA JUGA:

Kapan Banjir Jakarta Selesai? Anies: Tunggu Permukaan Air Laut Surut

Menko PMK Nilai Masyarakat Lengah Antisipasi Banjir saat Rayakan Tahun Baru

Dia berharap doa masyarakat agar pembangunan dua bendungan itu bisa selesai secepatnya. Dia mengatakan pembebasan lahan juga sudah mencapai 90 persen.

"Progres sudah 45 persen. Pembebasan lahan sudah 90 persenan. Doakan bisa selesai secepatnya dan kita semua bisa merasakan manfaatnya. Aamiin," kata Emil.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat titik banjir terbanyak berada di Provinsi Jawa Barat 97 titik. Disusul kemudian DKI Jakarta 63 titik dan Banten 9 titik.

BNPB merinci 97 titik banjir di Jawa Barat, yaitu di Kabupaten Bekasi 32 titik, Kota Bekasi 53 titik dan Kabupaten Bogor 12 titik.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq