Ribuan Buruh Geruduk Gedung Sate, Tuntut Pergub Dicabut dan Gelar Doa Bersama untuk Eril

Agus Warsudi ยท Kamis, 16 Juni 2022 - 12:13:00 WIB
Ribuan Buruh Geruduk Gedung Sate, Tuntut Pergub Dicabut dan Gelar Doa Bersama untuk Eril
Ribuan buruh menggelar doa bersama untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di depan Gedung Sate, Kota Bandung. (FOTO: iNews/ERVAN DAVID)

BANDUNG, iNews.id - Ribuan buruh dari beberapa elemen organisasi menggeruduk Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (16/6/2022). Di depan kantor Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu, para buruh menuntut Pergub tentang Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) Jabar 2022 dan menggelar doa bersama untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz yang akrab disapa Eril. 

Sebelum unjuk rasa di depan Gedung Sate, para buruh melakukan longmarch dari flyover Pasupati menuju Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Mereka berjalan kaki sambil membentangkan spanduk berisi tuntutan.

Seusai menggelar aksi unjuk rasa di PTUN, mereka bergerak ke depan Gedung Sate. "Kami menggelar unjuk rasa gabungan dari beberapa serikat buruh, menuntut penuntasan berbagai persoalan. Salah satunya pencabutan Pergub UMK Jabar 2022. Sebab berdasarkan pergub itu, kenaikan rata-rata hanya Rp30.000 atau 0,5 persen dari gaji pokok," kata Ajat Sudrajat, koordinator aksi buruh.

Ajat Sudrajat menyatakan, buruh juga menuntut pemerintah mencabut Undang-undang Cipta Kerja atau Omnibuslaw. Jika tuntutan mereka tidak dikabulkan, para buruh akan akan terus menggelar aksi serupa di beberapa titik di Kota Bandung.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: