Realisasi Investasi di Jabar Tembus Rp120 Triliun, Tertinggi di Indonesia

Agung Bakti Sarasa · Rabu, 27 Januari 2021 - 18:30:00 WIB
Realisasi Investasi di Jabar Tembus Rp120 Triliun, Tertinggi di Indonesia
Investasi. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Provinsi Jawa Barat menempati posisi puncak dalam realisasi investasi sepanjang 2020 lalu. Jabar sukses mencetak realisasi investasi sebesar Rp120,4 triliun. 

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, dari total realisasi nasional yang mencapai Rp826 triliun.

"Investasi Jabar terbanyak, provinsi lain perlu belajar dari Kang Emil (Gubernur Jabar Ridwan Kamil). Apakah karena ada infrastruktur pendukung seperti Pelabuhan Patimban atau apa? Sehingga menarik datangnya investor ke Jabar," kata Bahlil dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 secara daring, Selasa (26/1/2021).

Menurut Bahlil, pertumbuhan ekonomi sangat bergantung pada investasi dan konsumsi. Saat ini  investasi memberikan andil sebesar 30 persen, sementara konsumsi sebesar 57 persen bagi pertumbuhan ekonomi.

Namun demikian, investasi akan menjadi pintu masuk untuk peningkatan konsumsi yang masif. Dia menilai, dengan nilai investasi terbesar secara nasional, Jabar telah memberikan andil bagi pertumbuhan ekonomi.

"Jika ada investasi, maka akan ada penyerapan tenaga kerja, memberikan  penghasilan dan kepastian pendapatan, sehingga konsumsi masyarakat meningkat," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3