RDPU Komisi VII DPR, Ridwan Kamil Aspirasikan RUU Energi Baru Terbarukan

Agung Bakti Sarasa ยท Rabu, 07 April 2021 - 08:16:00 WIB
RDPU Komisi VII DPR, Ridwan Kamil Aspirasikan RUU Energi Baru Terbarukan
Ketua ADPMET yang juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri RDPU dengan Komisi VII DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/4/2021). (Foto/Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) sekaligus Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan aspirasi terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Energi Baru Terbarukan (EBT). 

Aspirasi tersebut disampaikan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/4/2021). 

Kang Emil mengatakan, ada dua hal penting yang disampaikannya dalam RDPU. Pertama, daerah-daerah penghasil migas melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat mengelola lahan milik Pertamina yang skalanya kecil.

Aspirasi kedua, yakni pelibatan BUMD dalam pengembangan EBT dengan meminta izin pemerintah pusat supaya diberikan persetujuan mendirikan perusahaan energi listrik di daerah yang meliputi operasi dan distribusi. Selain itu, dia mengusulkan insentif untuk daerah penghasil energi terbarukan. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3