Rawan Tanah Longsor, Pemkab Majalengka Bakal Ubah Rute Jatilima

Inin nastain · Jumat, 15 Januari 2021 - 22:15:00 WIB
Rawan Tanah Longsor, Pemkab Majalengka Bakal Ubah Rute Jatilima
Salah satu titik Jatilima di Desa Tejamulya yang rawan longsor. (Foto: MNC Portal/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Jalan Timur Lingkar Majalengka (Jatilima) di Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dinilai rawan diterjang longsor. Karena itu, Pemkab Majalengka berencana mengubah rute jalan itu untuk menghindari lokasi rawan longsor di objek wisata Terasering Panyaweuyan.

Sekda Majalengka Eman Suherman mengatakan, ruas jalan Jatilima relatif aman. Kalaupun ada kendala, lebih sebagai terkena dampak longsoran dari tebing Terasiring Panyaweuyan.

"Tidak ada persoalan dengan jalannya. Jalan itu rusak ketika ada longsoran dari atas jatuh (menutup jalan)," kata Eman, Jumat (15/1/2021).

Karena itu, ujar Eman, akan dilakukan perubahan rute. Rencananya, ada pembelokan jalur beberapa meter Jatilima untuk menghindari tebing yang rawan longsor di Terasiring Panyaweuyan.

"Sekarang teman-teman dari (Dinas) PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) rencananya membuat jalan memotong dan membuat jembatan. Menghindari itu (titik rawan longsor), berubah dari sekarang. (berubah dari rencana awal) sekitar 30 meter, di tempat rawan itu. (Proyek Jatilima) dilanjutkan," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: