Raih Type Certificate, Pesawat N219 Karya Anak Bangsa Siap Diproduksi Massal pada 2021

Arif Budianto · Senin, 28 Desember 2020 - 12:15:00 WIB
Raih Type Certificate, Pesawat N219 Karya Anak Bangsa Siap Diproduksi Massal pada 2021
Pesawat N219 karya anak bangsa siap diproduksi massal pada 2021. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pesawat N219 akhirnya mendapatkan legalitas Type Certificate dari otoritas penerbangan, setelah menjalani serangkaian proses sertifikasi cukup panjang. Dengan sertifikat itu, pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) itu bisa diproduksi massal pada 2021.

Type Certificate diberikan oleh otoritas kelaikudaraan sipil di wilayah Indonesia, yaitu Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Kementerian Perhubungan. 

Type Certificate pesawat N219 diserahkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono kepada Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Proses sertifikasi merupakan proses terpenting untuk menjamin keamanan dan keselamatan, mengingat pesawat tersebut kedepannya akan digunakan oleh pengguna dan masyarakat umum. 

Sebagaimana hasil pengujian DKPPU, pesawat N219 dinyatakan telah memenuhi CASR Part 23 (Airworthiness Standards for Aeroplanes in the Normal, Utility, Acrobatic or Commuter Category).

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: