PVMBG: Gempa Bumi M6,7 Banten akibat Penunjaman Lempeng Indo-Australia

Arif Budianto ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:25:00 WIB
PVMBG: Gempa Bumi M6,7 Banten akibat Penunjaman Lempeng Indo-Australia
Gempa bumi M6,7 yang mengguncang Sumur, Pandeglang, Banten dipicu oleh aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia. (Foto: iNews.id/Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi gempa bumi Magnitudo 6,7 (M6,7) Banten terjadi akibat aktivitas Lempeng Indo-Australia. Terjadi penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Jawa bagian barat, sekitar Selat Sunda.

"Berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi, kedalaman dan data mekanisme sumber (focal mechanism) dari BMKG, USGS Amerika Serikat, dan GFZ Jerman, gempa bumi tersebut diakibatkan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Jawa bagian barat (sekitar Selat Sunda), dengan mekanisme sesar naik yang berarah relatif barat laut–tenggara," kata Kepala PVMBG Andiani melalui keterangan resmi, Jumat (14/1/2022). 

Andiani menyatakan, daratan dan perairan selatan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sekitar pusat gempa bumi pada umumnya berupa morfologi dataran dan perbukitan bergelombang hingga terjal yang tersusun oleh endapan sedimen berumur Kuarter hingga Tersier.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: