Puncak Arus Mudik Idul Adha, Ribuan Kendaraan Antre di Gerbang Tol Cipali

Toiskandar ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 20:42 WIB
Puncak Arus Mudik Idul Adha, Ribuan Kendaraan Antre di Gerbang Tol Cipali
Ribuan kendaraan pemudik melewati Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Kamis (30/7/2020). (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id – Volume kendaraan arus mudik Lebaran Idul Adha pada Kamis malam (30/7/2020), terus meningkat di gerbang Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar). Peningkatan kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa mencapai 30 sampai 40 persen dari hari biasanya.

Pengelola Tol Cipali membuka 15 gardu tol untuk kelancaran arus mudik. Ribuan warga ibu kota memanfaatkan liburan Idul Adha kali ini untuk pulang kampung karena pada Idul Fitri sebelumnya ada kebijakan larangan mudik dari pemerintah.

Dari pantauan iNews, suasana antrean ribuan kendaraan berpelat B dari arah Jakarta terus memadati di ruas gerbang Tol Cipali, Kamis malam. Peningkatan volume kendaraan dari Jakarta yang mengarah ke Jawa, membuat arus lalu lintas terlihat padat merayap.

Meski volume kendaraan melonjak hingga ribuan, kendaraan tidak sampai menumpuk dan mengular panjang. Antrean kendaraan hanya 20 hingga 30 unit saja.

Berdasarkan data dari PT Astra Tol Cipali sejak Kamis pagi hingga malam, jumlah kendaraan dari arah Jakarta yang keluar di gerbang Tol Palimanan tercatat sebanyak 11.422 kendaraan. Sementara dari arah sebaliknya yang masuk Gerbang Tol Palimanan mengarah ke Jakarta sebanyak 5.699 kendaraan.

Dari data tersebut, arus mudik sehari sebelum Lebaran Idul Adha kali ini mengalami peningkatan sebesar 30 hingga 40 persen dibandingkan dengan masa yang sama tahun lalu. Meski di tengah pandemi Covid-19, tak jadi penghalan bagi warga untuk mudik ke kampung halaman. Apalagi, banyak warga yang tidak bisa mudik pada libur Idul Fitri lalu ada larangan mudik dari pemerintah.

Hingga Kamis malam, meski arus lalu lintas mengalami lonjakan, secara umum kendaraan masih terpantau padat merayap di Gerbang Tol Cipali. Sejumlah petugas kepolisian masih terus disiagakan untuk melakukan pengamanan. Diperkirakan puncak arus mudik Idul Adha akan terus terjadi pada hari Jumat dini hari nanti.


Editor : Maria Christina