Puncak Arus Balik Libur Idul Adha, Tol Cipali-Jalur Selatan Jabar Macet Parah

Beben HVA, Yudy Heryawan Juanda, Toiskandar, Mujib Prayitno ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 23:16 WIB
Puncak Arus Balik Libur Idul Adha, Tol Cipali-Jalur Selatan Jabar Macet Parah
Ribuan kendaraan terjebak kemacetan panjang di ruas Tol Cipali, Subang pada puncak arus balik libur Idul Adha, Minggu (2/8/2020) malam. (Foto: iNews/Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG, iNews.id – Ribuan kendaraan terjebak kemacetan panjang hingga belasan kilometer pada puncak arus balik libur Hari Raya Idul Adha di ruas Jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Subang, Jawa Barat, Minggu (2/8/2020) malam. Kemacetan terjadi sejak Rest Area KM 101 hingga KM 118.

Selain membeludaknya volume kendaraan, kemacetan diakibatkan banyaknya kendaraan yang keluar masuk di rest area.

Selain di Subang, antrean panjang kendaraan juga terjadi di Gerbang Tol Palimanan. Meski pihak pengelola jalan tol sudah membuka 18 pintu pembayaran, antrean kendaraan masih tak terhindarkan.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Syahuddi mengatakan, volume kendaraan yang terdata sejak Minggu pagi hingga petang sudah ada lebih dari 36.000 kendaraan yang mengarah ke Jakarta. “Diperkirakan peningkatan ini akan terus terjadi hingga tengah malam nanti,” katanya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan, petugas sudah disiagakan di sekitar ruas Tol Palikanci dan Tol Cipali.

"Kami juga mengalihkan kenaraan truk besar ke jalur alteri guna kelancaran di ruas jalan Tol Cipali,” ujarnya.

Kemacetan parah juga terjadi di Jalan Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/8/2020) malam. Ribuan kendaraan yang akan kembali ke Jakarta terjebak kemacetan sepanjang 21 km pada H+2 arus balik libur Lebaran Idul Adha.

Kendaraan yang didominasi mobil pribadi tampak tidak bisa bergerak di ruas Tol Pasteur hingga kawasan Kali Urip.

Pantauan iNews, kemacetan panjang kendaraan itu sudah terlihat dari kawasan Jalan Junjunan hingga menuju gerbang masuk Tol Pasteur.

Kemacetan panjang tersebut lantaran adanya penyempitan lajur di Tol Cipularang arah Jakarta yang berimbas ke ruas Tol Pasteur dan Purbaleunyi arah Jakarta.

“Kendala utama ada di jalur Kali urip sehingga berimbas ke sini,” kata kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo.

Kondisi serupa juga terjadi di jalur selatan Jawa Barat tepatnya di Jalan Raya Malangbong, Garut. Selain banyaknya kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan Bandung, kemacetan diperparah dengan banyaknya truk truk besar bermuatan batubara.

Satlantas Polres Garut terpaksa menghentikan sementara operasional seluruh truk besar untuk mengurai kemacetan yang mencapai 10 km.

Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan peningkatan arus yang terjadi pada arus mudik maupun arus balik yang terjadi disebabkan oleh masyarakat yang memaksimalkan momen libur Idul Adha.

"Kemarin kan Idul Fitri ada imbauan nggak boleh mudik, kalau sekarang kan nggak ada imbauan, jadi sekarang memaksimalkan benar untuk libur ini," kata Eddy.

Pada puncak arus balik ini, peningkatan volume kendaraan mulai nampak. Jika dibandingkan dengan momen mudik Idul Fitri, menurutnya volume kendaraan lebih banyak pada momen Idul Adha.


Editor : Kastolani Marzuki