Puluhan Warga Pangandaran Keracunan usai Santap Makanan Hajatan

Irfan Ramdiansyah ยท Jumat, 04 September 2020 - 01:34 WIB
Puluhan Warga Pangandaran Keracunan usai Santap Makanan Hajatan
Puluhan warga Pangandaran dirawat di puskesmas akibat keracunan usai menyantap makanan hajatan. (Foto: iNews/Irfan Ramdiansyah)

PANGANDARAN, iNews.id - Puluhan warga Dusun Ciumbang, Desa Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dilarikan ke puskesmas akibat keracunan usai menyantap makanan hajatan, Kamis (3/9/2020) malam. Seluruh korban mengalami gejala pusing kepala, sakit perut disertai muntah-muntah dan buang air besar.

Dari total 91 korban yang dirawat, delapan di antaranya harus dirujuk ke rumah sakit lantaran kondisinya parah.

Korban keracunan, Rasinah mengaku mengalami gejala keracunan setelah menyantap hidangan dari hajatan syukuran salah seorang warga. “Ya, ada tetangga hajatan. Warga pada datang dan makan nasi berkat. Setelah itu, perut terasa sakit, kepala pusing dan mual-mual,” katanya.

Setelah ditangani tim medis, kata dia, kondisi kesehatannya kini sudah berangsur pulih. “Alhamdulilah keadaan sekarang sedikit membaik setelah dibawa ke puskesmas,” katanya.

Kepala Puskesmas Padaherang, Suryati mengatakan, total ada 91 pasien keracunan yang dirawat di tiga puskesmas, yakni Padaherang, Mangunjaya dan Kalipucang. “Untuk korban lainnya rawat jalan di rumah masing-masing,” ucapnya.

Suryati mengaku belum mengetahui penyebab keracunan yang dialami warga karena sampel makanan harus diteliti terlebih dulu di laboratorium.


Editor : Kastolani Marzuki