Puluhan Warga 2 Desa di Sukabumi Keracunan Massal Makanan Mauludan

Indra Firdaus ยท Minggu, 15 Desember 2019 - 18:33 WIB
Puluhan Warga 2 Desa di Sukabumi Keracunan Massal Makanan Mauludan
Korban keracunan makanan massal dirawat di Puskesmas Nagrak, Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: iNews/Indra Firdaus)

SUKABUMI, iNews.id – Puluhan warga di Desa Cisarua dan Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat keracunan massal setelah menyantap makanan acara Mauludan Nabi, Minggu (15/12/2019).

Para korban mengalami gejala mual, muntah hingga buang air besar. Saat ini para korban masih menjalani perawatan di Puskesmas Nagrak dan satu posko di lokasi kejadian.

Belum diketahui pasti dugaan penyebab puluhan warga ini mengalami gejala yang sama secara serentak. Namun, pihak puskesmas telah mengambil contoh makanan yang di santap oleh warga tersebut untuk diperiksa oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.

Kepala Subbagian Tata Usaha Puskesmas Nagrak, Dinda Ismaya mengungkapkan, hingga saat ini total ada 60 warga yang dirawat di puskesmas.

“Para korban ini diduga keracunan makanan diduga dari kegiatan mauled nabi pada Sabtu, tanggal 14 Desember. Mereka mengeluhkan gejala mual muntah hingga buang air besar,” katanya. 

Dia mengungkapkan, jenis makanan yang disantap puluhan warga ini berupa telur balado, sayur nangka dan sambal hijau. Pihak puskesmas sudah mengambil sampel makanan tersebut untuk diuji di laboratorium. “Kami sudah mengambil sampel makanan untuk kita uji apa penyebab keracunan yang dialami puluhan warga ini,” ujar Dinda.

Dia mengatakan, jumlah korban yang mengalami keracunan diperkirakan akan bertambah karena belum semua warga melapor ke petugas. Untuk mengantisipasi banyaknya korban, puskesmas mendirikan posko kesehatan bantuan di lokasi kejadian.

“Kita sudah membuka posko di Masjid Al Hidayah di Desa Nagrak. Di sana sudah ada petugas untuk jemput bola,” ucapnya.

Korban keracunan, Erni mengaku perutnya mual dan buang air besar, serta pusing kepala tidak lama setelah menyantap makanan mauludan. “Saya makan sayur nangka sama telur balado. Abis itu, buang air terus, mual dan pusing kepala. Acara mauludan,” kata Erni.


Editor : Kastolani Marzuki