Pulau Baru Tiba-Tiba Muncul di Muarabaru Karawang, Begini Penjelasan Kades

Nilakusuma · Selasa, 09 Maret 2021 - 13:06:00 WIB
Pulau Baru Tiba-Tiba Muncul di Muarabaru Karawang, Begini Penjelasan Kades
Sebuah rekaman menunjukkan pulau baru yang tiba-tiba muncul di Muara Baru Karawang. (Foto: @infokrw)

KARAWANG, iNews.id - Warga Karawang heboh dengan munculnya pulau baru di  Desa Muarabaru, Kecamatan Cilamaya Wetan, pada Minggu (7/3/2021) lalu. Pulau seluas dua kali lapangan bola ini sempat viral di media sosial dan mendapat tanggapan serius warganet (netizen). 

Namun bagi warga desa setempat, pulau baru itu merupakan fenomena biasa yang sering terjadi. 

Kepala Desa Muarabaru, Anto Sukanto mengatakan, munculnya pulau pasir di desanya merupakan fenomena biasa yang sering terjadi. Biasanya saat air laut surut akan terbentuk pulau pasir. Namun kemudian hilang kembali saat air pasang. 

"Warga di sini menyebutnya Pulau Pasir. Itu biasa terjadi saat air laut surut dan kemudian hilang kembali," kata Anto, Selasa (9/3/2021).

Menurut Anto, munculnya pulau pasir itu merupakan peristiwa alam dari pergerakan ombak yang membawa pasir dari bibir pantai. Pasir itu kemudian mengikuti ombak yang kemudian tersedimentasi hingga membentuk pulau. Namun karena materialnya dari pasir, maka mudah hilang saat air laut pasang. 

"Buat kami itu peristiwa biasa jadi tidak mengejutkan. Saya tidak tahu kalau di luar malah jadi viral," katanya. 

Anto mengatakan, Pemerintah Desa Muarabaru semula hendak menjadikan pulau pasir itu sebagai tempat wisata. Namun karena pulau pasir itu sering muncul kemudian hilang kembali hingga pihaknya membatalkan rencana tersebut. 

"Pulau pasir itu cukup luas, namun yang sering terbentuk itu seluas dua kali lapangan bola," katanya. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: