PTDI Genjot 3 Proyek Strategis, Pengerjaan Pesawat N219 Amfibi Dituntaskan

Arif Budianto · Selasa, 31 Agustus 2021 - 18:03:00 WIB
PTDI Genjot 3 Proyek Strategis, Pengerjaan Pesawat N219 Amfibi Dituntaskan
KSAU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau fasilitas produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Bandung, Jawa Barat, Senin (26/7/2021). (Foto: Dispenau)

BANDUNG, iNews.id - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) berkomitmen menuntaskan tiga program strategis nasional, kendati saat ini sektor industri sedang menurun akibat pandemi. Hal itu dilakukan dalam rangka mendorong kemandirian industri pertahanan dalam negeri serta mempertahankan keamanan nasional.

Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro mengatakan, kondisi pandemi ini menyebabkan penurunan pasar aerospace secara global hingga 40 persen, termasuk PTDI. Tahun 2019 PTDI mampu mencatat untung Rp150 miliar, juga ikut tergerus sejak pandemi terjadi. 

"Adanya pandemi, akhirnya loading kami hanya 40 persen. Tapi kami terus melanjutkan tiga program strategis nasional yang sudah berjalan. Yaitu pesawat nir awak atau drone, pesawat N219 Amfibi, dan rudal nasional," kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (31/8/2021).

Elfien mengungkapkan, pesawat jenis amphibi ini dapat menghubungkan antarpulau di Indonesia, cocok sekali dengan kondisi geografis Indonesia yang merupakan Negara kepulauan dengan 17.000 pulau. Keberadaan PTDI sebagai produsen dalam negeri menjadi sangat penting, sebuah industri dirgantara Indonesia yang menghasilkan produknya untuk mendukung pengisian kebutuhan penerbangan konektivitas dan perintis di Indonesia.

“Penerbangan dan perkapalan itu menjadi bagian penting pada negara seperti Indonesia ini. Fungsinya adalah untuk menjangkau dan menghubungkan wilayah 3T, yaitu terluar, terdepan dan tertinggal.” ucapnya.  

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: