Peringati HGN 2021, Tenaga Pengajar di Bandung Gelar Aksi Suarakan Isu Krisis Guru PNS

Arif Budianto · Kamis, 25 November 2021 - 13:08:00 WIB
Peringati HGN 2021, Tenaga Pengajar di Bandung Gelar Aksi Suarakan Isu Krisis Guru PNS
Sejumlah guru menggelar aksi demontrasi di Lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Jalan Monumen Perjuangan, Kota Bandung. Kamis (25/11/2021). (Foto: Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Puluhan guru dari berbagai organisasi di Kota Bandung menggelar aksi demontrasi di Lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kamis (25/11/2021). Aksi yang digelar untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2021 menyuarakan isu Indonesia darurat guru PNS.

Aksi digelar sejak pukul 10.00 WIB. Para guru yang ikut demontrasi mengenakan seragam putih dan hitam. Spanduk besar berwarna merah terbentang dengan tulisan "Indonesia Darurat Guru PNS". Selain orasi, ada guru yang melakukan aksi teatrikal.

Para tenaga pengajar itu juga beberapa kali menyanyikan lagu yang menyindir terpuruknya kesejahteraan para guru non-PNS, terutama honorer.

"Saat ini banyak guru PNS pensiun. Semantara 20 tahun, pemerintah melakukan moratorium pengangkatan guru PNS. Akibatnya terjadi kekosongan guru di beberapa sekolah di Indonesia. Sayangnya, untuk memutupi kekurangan tersebut sekolah melakukan rekrutmen guru non PNS dengan gaji dibawah UMR," kata Ketua FAGI Jabar Iwan Hermawan.

Menurut Iwan, dampak kekosongan guru berstatus ASN dan atas moratorium rekrutmen guru, maka terjadi meningkatnya jumlah guru honorer di sekolah negeri. Saat ini ada 728.461 guru dengan besaran gaji jauh dibanding dengan guru PNS walaupun kewajibannya sama.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: