Peringati Earth Hour 2021, Warga Purwakarta Ngaliwet Tanpa Penerangan

Asep Supiandi · Minggu, 28 Maret 2021 - 00:23:00 WIB
Peringati Earth Hour 2021, Warga Purwakarta Ngaliwet Tanpa Penerangan
Warga Purwakarta berfoto bersama sambil membawa spanduk berisi Gerakan Global Swicth Off Earth 2021. (Foto: iNews.id/Asep Supiandi)

PURWAKARTA, iNews.id - Sejumlah warga Purwakarta peringati Hari Earth Hour 2021 dengan ngaliwet (makan nasi liwet) bersama tanpa penerangan, Sabtu (27/3/2021). Semua lampu dimatikan dan penerangan yang digunakan untuk acara makan bersama itu hanya lilin.

Seperti yang dilakukan warga Perum Bukit Panorama Indah Purwakarta, Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, yang menggelar makan bersama pada pukul 20.30-21.30 WIB. Warga sengaja memasak nasi liwet sejak sore, sehingga bisa disantap saat peringatan Earth Hour.

Nuansa santap malam pun terasa sangat berbeda, mereka mampu menghadirkan suasana keakraban dan kekeluargaan. Temaramnya penerangan lilin pun memberikan sensasi baru dalam menyantap makanan. Meskipun penganan yang disajikan sangat sederhana, yakni nasi liwet, ikan asin, jenkol, sambal plus lalapan.

Seusai menyantap nasi liwet, mereka pun befoto bersama dengan membentangkan spanduk yang bertuliskan Gerakan Global Swicth Off Earth 2021. Mereka ingin menunjukkan dukungan terhadap gerakan pemadaman lampu listrik serta mematikan barang-barang elektronik secara massal.

"Kebetulan memang ada imbauan dari kelurahan bahwa malam ini ada gerakan pemadaman lampu. Tentunya kami mendukung sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi," kata Teda Agustika, warga setempat

Sebelumnya, sempat beredar imbauan dari masing-masing kelurahan agar kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk bersama-sama melaksanakan Gerakan Global Swicth Off Earth 2021.

Akan tetapi tidak semua warga melaksanakan gerakan itu dengan beragam alasan. Umumnya mereka tidak tahu adanya peringatan Earth Hour 2021 pada 27 Maret 2021.  

Editor : Asep Supiandi