Peralihan Musim, BMKG Ramalkan Kota Bandung Berpotensi Dilanda Hujan Es

Arif Budianto ยท Selasa, 20 April 2021 - 15:01:00 WIB
Peralihan Musim, BMKG Ramalkan Kota Bandung Berpotensi Dilanda Hujan Es
Hujan es sebesar kelereng disertai angin kencang kembali melanda Bojonegoro, Jatim, Senin (25/11/2019). (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BANDUNG, iNewsa.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisikasi Kelas 1 Bandung meramalkan Kota Bandung berpotensi dilanda hujan es. Fenomena alam di masa pancaroba atau peralihan musim dari penghujan ke kemarau itu, bakal terjadi dalam waktu dekat ini.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasgeo Kota Bandung Rasmid mengatakan, sebagian besar daerah di Provinsi Jabar akan masuk kemarau sekitar Juni. Saat ini, April, masa peralihan musim penghujan ke kemarau atau pancaroba transisi yang akan berlangsung April-Mei.

"Fenomena alam yang sering terjadi pada masa pancaroba, yaitu hujan deras dengan durasi singkat, muncul puting beliung, petir, dan hujan es," kata Rasmid di Balai Kota Bandung, Selasa (20/4/2021).

Semua peristiwa alam, ujar Rasmin, berpotensi terjadi dalam waktu dekat ini. "Kalau di Kota Bandung, (bencana) angin puting beliung itu kecil (kemungkinan terjadi). Kemungkinan (yang berpotensi terjadi) adalah petir, angin kencang, hujan lebat, dan hujan es," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: