Pengunjung Kebun Binatang Berkelahi, Hewan Ikut-ikutan Baku Hantam

Anton Suhartono · Kamis, 12 Agustus 2021 - 22:20:00 WIB
Pengunjung Kebun Binatang Berkelahi, Hewan Ikut-ikutan Baku Hantam
Beberapa pengunjung kebun binatang berkelahi. Perilaku buruk manusia ini kemudian ditiru oleh satwa di kebun binatang tersebut. (Foto: istimewa)

BEIJING, iNews.id - Tingkah laku hewan kerap kali meniru perilaku manusia. Buktinya, satwa di Kebun Binatang Beijing China pada Sabtu pekan lalu.

Saat itu, Kebun Binatang Beijing cukup ramai. Entah apa masalahnya, tiba-tiba beberapa pengunjung, pria dan wanita, berkelahi. Aksi saling pukul pun terjadi. Lucunya, kejadian itu ditiru oleh sejumlah satwa yang awalnya hanya menonton keributan antarpengunjung tersebut.

Hewan-hewan itu berkelahi di dalam kandang pada malam hari setelah mereka menonton aksi baku hantam pengunjung pada siang hari. Petugas kebun binatang pun kerepotan untuk melerai satwa-satwa tersebut.

Beijing Daily melaporkan, para pengunjung mulanya terlibat cekcok mulut yang berujung pada perkelahian fisik. Video perkelahian juga diunggah Beijing Daily di Weibo dan viral.

Dalam video tampak pengunjung laki-laki dan perempuan tersungkur di lantai setelah saling tendang dan menarik rambut. Seorang perempuan yang menggendong bayi juga ikut berkelahi menendang perempuan lain yang sudah tergeletak di lantai. 

Dia juga menjambak rambut lawannya. Setelah itu, perempuan yang menggendong bayi ditendang kuat-kuat dari belakang oleh seorang laki-laki hingga terjatuh ke lantai.

"Mereka saling berteriak, memukul satu sama lain, disaksikan banyak pengunjung dan satwa. Kedua pihak berdamai setelah dimediasi," kata pernyataan otoritas kebun binatang Beijing di WeChat, seperti dilaporkan kembali Global Times.

Petugas kebun binatang mengatakan, hewan di dekat lokasi perkelahian menyaksikan kejadian itu dan terkesima. Ini kali pertama mereka melihat perkalihan antarmanusia di kebun binatang. 

Pada malam hari, beberapa hewan meniru perkelahian itu bersama dengan teman sekandang dan berlangsung di luar kendali. “Melalui pendekatan dari penjaga yang sabar, (kami yakin) para hewan tahu bahwa berkelahi itu tidak baik,” demikian pernyataan kebun binatang.

Insiden tersebut menjadi viral dan mengundang komentar netizen. "Manusia yang lebih berkualitas bahkan bisa membuat hewan tertawa," kata seorang netizen. 

"Giliran para hewan tersebut yang menikmati sirkus," kata pengguna lainnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: