Pengerjaan Tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta Bandung di Jatiluhur Purwakarta Dikebut
Melalui kolaborasi ini, terjadi transfer pengetahuan dalam bidang konstruksi terowongan, sekaligus mengatasi kendala dalam proses konstruksi di tunnel 2. "Para ahli dari China dan ITB memaksimalkan transfer pengetahuan kepada seluruh pekerja KCJB di titik konstruksi tersebut," tuturnya.
Presdir PT KCIC mengatakan, tenaga ahli berpengalaman tersebut didatangkan untuk membantu bagian permukaan terowongan karena sangat menguasai metode grouting yang selama ini dipakai untuk mengerjakan beberapa proyek terowongan KCJB.
"Pengerjaan tunnel 2 di area clay shale membutuhkan penanganan khusus. Sebab, pengerjaan tunnel 2 KCJB menggunakan metode grouting, kami mengumpulkan para ahli tunnel yang menguasai grouting dari China dan dari ITB untuk membantu memperkuat surface tunnel atau permukaan terowongan," ucap Dwiyana.
Menurut dia, berkat kolaborasi tantangan geografis di tunnel 2 bisa diatasi. Saat ini, proses pengerjaan berangsur membaik dan pengerjaan bisa mencapai 1,2 meter hingga 3 meter per hari.
Editor: Agus Warsudi