Pengangguran Capai 147.000, Disnaker Bandung Dorong UMKM Serap Tenaga Kerja Lokal

Arif Budianto ยท Senin, 29 Maret 2021 - 12:47:00 WIB
Pengangguran Capai 147.000, Disnaker Bandung Dorong UMKM Serap Tenaga Kerja Lokal
UMKM Choral.id terus menggenjot penjualan untuk memaksimalkan penyerapan tenaga kerja. (Foto: iNews.id/Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Jumlah pengangguran di Kota Bandung mencapai 147.000 orang selama pandemi Covid-19. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung menyebutkan, hal itu akibat bonus demografi dan kecilnya kesempatan kerja. 

"Sebelum pandemi kita punya banyak demografi, ditambah pandemi menyebabkan banyak mereka yang kehilangan pekerjaan. Ini perlu upaya bersama termasuk pelaku UMKM," kata Kepala Disnaker Kota Bandung, Arief Syaifudin saat hadir pada launching brand ambassador Choral.id di Bandung, Senin (29/3/2021). 

Menurut dia, dari total tenaga kerja yang bekerja di Kota Bandung, sekitar 65 persen adalah penduduk ber-KTP Kota Bandung. Sementara sisanya adalah penduduk luar Bandung. Bila perusahaan di Bandung bisa menekan hingga 80 persen, angka pengangguran di Bandung dipastikan bisa ditekan.

"UMKM seperti Choral ini kan luar biasa. Mereka bisa menyerap tenaga kerja yang begitu banyak. Kalau semua UMKM di Bandung seperti ini, saya yakin ke depan pengangguran di Bandung bisa ditekan," ujar dia.

Sementara itu, Owner Choral.id Andri mengaku, pihaknya terus menggenjot penjualan produk Choral seperti tas waistbag dengan mengangkat Oncy (ungu) sebagai brand ambassador. Pengangkatan Oncy diharapkan bisa mendorong penjualan produk UMKM-nya di tengah pandemi.

"Kami menargetkan ada peningkatan penjualan antara dua hingga tiga kali lipat. Kami akan memanfaatkan saluran digital untuk meningkatkan penjualan ini," beber dia.

Dengan naiknya penjualan, kata dia, pihaknya bisa memaksimalkan tenaga kerja yang ada. Saat ini, Choral.id telah mempekerjakan puluhan orang. Mulai dari tenaga produksi, konten kreatif, tenaga pemasaran, dan lainnya. 

Menurut Andri, produk Vegas Waistbag 2.0 yang baru di-launching juga langkah untuk menaikkan penjualan. Produk ini merupakan penyempurnaan, yang dibuat berdasarkan kebutuhan pasar dan saran-saran serta masukan terhadap produk Vegas Waistbag sebelumnya. 

Editor : Asep Supiandi