Anak Sungai Citanduy Meluap, Banjir Rendam Permukiman Warga di Tasikmalaya

Asep Juhariyono · Sabtu, 27 Maret 2021 - 22:22:00 WIB
Anak Sungai Citanduy Meluap, Banjir Rendam Permukiman Warga di Tasikmalaya
Warga waspada setelah rumah mereka terendam banjir akibat luapan anak Sungai Citanduy dan Ciloseh, Kota Tasikmalaya. (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, sejak Sabtu (27/3/2021) sore hingga malam, menyebabkan anak Sungai Citanduy meluap. Akibatnya, puluhan rumah yang berada di sepanjang bantaran sungai terendam banjir hingga setengah meter.

Sejumlah warga Kampung Bobojong, Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmlaya, terlihat panik. Untuk mengantisipasi banjir lebih tinggi, warga yang terdampak diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Air luapan sungai merendam dua kawasan rukun tetangga (RT), yaitu RT 01 dan 02, RW 09, Kampung Bobojong, Panyingkiran. Selain di Kampung Bobojong, banjir juga merendam puluhan rumah di Jalan Buninagara 2 dan 3, Kelurahan Nagarasari, Kecamaten Cipeses, Kota Tasikmalaya.   

Ketua RW 09 Aa Suhara mengatakan, banjir ini akibat meluapnya anak Sungai Citanduy dan Ciloseh. Debit air besar dan pintu irigasi yang kecil membuat banjir merendam puluhan rumah warga. "Ini kejadian kedua, setelah banjir pada 2019 lalu," kata Aa Suhara.

Editor : Agus Warsudi