Penahanan Ditangguhkan, Eks Kades Karyajaya Terdakwa Korupsi Dana Desa Malah Kabur

Antara · Jumat, 16 April 2021 - 19:00:00 WIB
Penahanan Ditangguhkan, Eks Kades Karyajaya Terdakwa Korupsi Dana Desa Malah Kabur
ES, mantan Kades Karyajaya, Boyongbong, Kabupaten Garut kabur dari rumah setelah permohonan penangguhan penahanannya dikabulkan. ES merupakan terdakwa korupsi dana desa. (Foto: ilustrasi)

GARUT, iNews.id - ES, Kepala Desa (Kades) Karyajaya, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terdakwa kasus korupsi dana desa Rp400 juta lebih, kabur dari rumahnya. Dia memanfaatkan kesempatan setelah Pengadilan Negeri (PN) Bandung mengabulkan permohonan penangguhan penahanannya.

Saat ini, petugas Kejari Garut tengah memburu ES. "Didatangi ke rumah terdakwa di Kecamatan Bayongbong, namun rumahnya dalam keadaan kosong," kata Kepala Kejari Garut Sugeng Hariadi melalui telepon seluler di Garut, Jumat (16/4/2021).

Sugeng mengemukakan, terdakwa ES mendapatkan penangguhan penahanan dari Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada PN Kelas 1A Khusus Bandung dengan jaminan istrinya. Namun istri terdakwa ES pun ikut kabur dan saat ini juga tidak diketahui keberadaannya.

Sejak penangguhan itu, kata Sugeng, terdakwa tidak menghadiri persidangan hingga pengadilan menjatuhi hukuman enam tahun penjara atas ketidakhadirannya dalam setiap persidangan.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2