Pemudik di Jalur Pantura Cirebon Dirapid Tes di Tempat, Positif Langsung Karantina

Toiskandar · Senin, 03 Mei 2021 - 11:12:00 WIB
Pemudik di Jalur Pantura Cirebon Dirapid Tes di Tempat, Positif Langsung Karantina
Petugas kepolisian menghentikan sejumlah pemudik sepeda motor di Pos Penyekatan Weru, Kabupaten Cirebon. (Foto: iNewsTv/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Sejumlah pemudik sepeda motor yang melintas jalur pantura diperiksa petugas di Pos Penyekatan Weru, Kabupaten Cirebon, Senin (3/5/2021). Bahkan, sebagian dari pemudik ini harus menjalani rapid test antigen di tempat.  

Petugas Satlantas Polresta Cirebon sengaja memeriksa kelengkapan dokumen yang dimiliki para pemudik awal sebagai parapengetatan larangan mudik mudik pada 6-17 Mei 2021. Selain itu, pemeriksaan ini pun sebagai langkah untuk meminimalisasi mobilisasi perantau ke kampung halaman.

Terpantau, banyaknya pemudik yang curi start ini memaksa petugas harus melakukan tindakan. Terlihat beberapa pemudik harus putar balik ke daerah asal karena tidak bisa menunjukkan dokumen perjalanan serta persyaratan administrasi lainnya. 

"Pemeriksaan awal ini meliputi kelengkapan identitas, surat kendaraan hingga surat kerja dan keterangan negatif Covid-19. Pemudik juga diperiksa rapid test antigen dan jika positif langsung karantina," kata Kastlantas Polresta Cirebon, Kompol Ahmat Troy.    

Di bagian lain, para pemudik mengaku sengaja melakukan perjalanan lebih awal setelah mengetahui informasi larangan mudik berlaku 6-17 Mei. Mereka berupaya menghindari penyekatan agar bisa sampai di kampung halaman. Namun usaha itu harus gagal lantaran tersekat oleh petugas di di perjalanan. 

Sementara itu, penyekatan berlangsung singkat, yakni hanya 30 menit. Tecatat, petugas gabungan memeriksa 25 kendaraan pemudik, baik sepeda motor maupun mobil yang melintas di jalur pantura Cirebon.

Editor : Asep Supiandi