Pemprov Jabar Tingkatkan Promosi Pariwisata Melalui Penerbangan Kargo di Bandara Kertajati

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 25 Februari 2021 - 23:22:00 WIB
Pemprov Jabar Tingkatkan Promosi Pariwisata Melalui Penerbangan Kargo di Bandara Kertajati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Direktur BIJB Salahudin Hanafi saat akan meninjau penerbangan kargo pertama di Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka. (Foto: Dok Pemprov Jabar)

MAJALENGKA, iNews.id - Pemerintah Provinsi Provinsi Jawa Barat, melakukan penandatanganan kerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan milik BUMN untuk penerbangan angkutan kargo. Agenda tersebut dilaksanakan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, Selasa (23/2/2021). 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik menandatangi kesepakatan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Garuda Indonesia. Kesepakatan tersebut mengenai ‘Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Penyediaan dan Peningkatan Layanan Transportasi Udara dan Penerbangan Kargo di Bandara Kertajati’.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama meliputi pengembangan dan penyediaan jasa transportasi udara penumpang dan cargo, promosi dan packaging pariwisata, pengembangan kawasan, pengembangan kualitas sumber daya manusia. Tak ketinggalan, optimalisasi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), serta bidang lainnya.

Dilansir dari laman jabarprov.go.id, kerja sama tersebut selain menguatkan BIJB sebagai bandara logistik, tetapi juga menjadi solusi untuk keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap hal ini menjadi pembuka komitmen bersama dari semua pihak dalam meningkatkan pemulihan ekonomi di Jawa Barat. 

"Harapan saya ini adalah pembuka dari sebuah gagasan logistik. Nanti saya akan monitor setiap bulan semoga peningkatan ekonomi logistik menjadi andalan kami di Bandara Kertajati," ujar Ridwan Kamil.

Menurutnya, kargo menjadi pilihan logis untuk pemulihan ekonomi. Hal ini tentunya seiring dengan travelling dan relaksasi. 

Ridwan Kamil menambahkan semua unsur harus ikut berperan dalam upaya bela negara guna memulihkan ekonomi di Jawa Barat. Pengembangan jasa transportasi udara ini juga beriringan dengan promosi pariwisata. (CM)

Editor : Rizqa Leony Putri