Pemprov Jabar Lacak Warga yang Ikut Tablig Akbar di Malaysia

Dicky Wismara ยท Minggu, 15 Maret 2020 - 10:33:00 WIB
Pemprov Jabar Lacak Warga yang Ikut Tablig Akbar di Malaysia
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Kantor BNPB, Jakarta, Senin (2/3/2020). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melacak warganya yang diduga ikut tablig akbar di Masjid Seri Petaling, Kuala Lumpur, Malaysia. Sebelumnya ada seorang pria warga negara Brunei Darussalam yang menghadiri acara itu dinyatakan positif virus korona.

Gerak cepat Pemprov Jabar itu disampaikan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Bandung, Minggu (15/3/2020). Dia menerima informasi sejumlah warganya mengikuti acara yang dihadiri puluhan ribu orang dari berbagai negara tersebut.

"Kami lakukan penelusuran terhadap kasus di Masjid Seri Petaling karena diduga ada peserta dari Jawa Barat, ini sedang kami lacak," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Selain itu, dia memastikan Pemprov juga melacak peserta seminar di Bogor. Hal itu berkaitan dengan satu pasien positif virus korona meninggal dunia di Solo yang kabarnya sempat mengikuti seminar tersebut.

Pemprov juga melacak orang-orang di sekitar enam kasus positif korona di Jawa Barat melalui metode proaktif. Yaitu dengan mendatangi langsung orang-orang yang diduga terpapar kasus-kasus positif korona dan dilengkapi test kit.

"Kasus spesifik seminar di Bogor dan di sekitar kasus positif sedang kami lacak. Kami akan lakukan tes proaktif," ujarnya.

Sebelumnya Ridwan Kamil mengumumkan ada enam kasus positif korona di Jawa Barat. Mereka yang positif berasal dari Depok dua orang, lalu Cianjur dengan kasus meninggal satu orang, dan dua di Bekasi yang merupakan anak serta istri pasien di Cianjur. Terakhir ada satu orang di Cirebon.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: