Pemkot Cimahi-Pemkab Bandung Kerja Sama Atasi Banjir Melong

Adi Haryanto ยท Senin, 25 Oktober 2021 - 17:03:00 WIB
Pemkot Cimahi-Pemkab Bandung Kerja Sama Atasi Banjir Melong
Banjir kerap menggenangi jalan kawasan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan. (Foto: Istimewa)

CIMAHI, iNews.id - Pemkot Cimahi dan Pemkab Bandung bekerja sama dalam mengatasi banjir yang kerap merendam kawasan Melong di perbatasan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung. Dengan kerja sama dalam mengatasi masalah itu, diharapkan kawasan Melong tak lagi kebanjiran.

Selain mengatasi bencana alam, pelaksana tugas (plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana dan Bupati Bandung Dadang Supriatna juga menyepakati kerja di bidang lain. Kesepatakan kerja sama ditandatangani plt Wali Kota Cimahi dan Bupati Bandung di Aula Gedung A kompleks perkantoran Pemkot Cimahi, Senin (25/10/2021).

"Ini adalah kerja sama yang memiliki makna dan sangat penting, mengingat masyarakat mengharapkan upaya dari pemerintah kota dalam menangani permasalahan. Seperti penanganan banjir, bencana alam, penataan KBU, dan lain-lain, yang penyelesaiannya harus berkolaborasi dengan daerah tetangga," kata plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana seusai penandatanganan kesepakatan.

Menurut Ngatiyana untuk mengembangkan potensi daerah pihaknya berharap bisa menjali kerja sama dengan Kabupaten Bandung. Sebab semua kota dan kabupaten di Bandung Raya sama-sama ingin mengembangkan berbagai potensi industri kreatif dan potensi pariwisata yang dimiliki masing-masing.

Diakuinya penyelesaian suatu permasalahan di dalam wilayah tidak bisa dikerjakan sendiri. Sehingga harus ada kerja sama dan MOU dengan wilayah yang lain, khususnya di Bandung Raya. Itu dikarenakan semua daerah di Bandung Raya beririsan satu sama lain dalam berbagai aspek sosial, ekonomi, infrastruktur, dan yang lainnya. 

"Sebagai daerah yang beririsan di Bandung Raya, sudah semestinya kita saling inisiatif menjalin kerja sama dalam menyelesaikan persoalan di masyarakat," ujarnya. 

Sejauh ini, tutur Ngatiyana, Pemkot Cimahi juga sudah melakukan kerja sama dengan Kota Bandung dalam hal penanganan banjir. Begitupun kerja sama dengan Pemkab Bandung, terkait penyelesaian banjir yang kerap terjadi di wilayah Melong. 

Salah satu upayanya adalah membebaskan lahan yang ada di Margaasih, Kabupaten Bandung, untuk membuat saluran air menuju Sungai Citarum.

"Pengentasan banjir Melong sangat penting karena itu merupakan salah satu pelayanan publik. Pelayanan lainnya yang bisa dikerjasamakan seperti bidang keamanan, penanganan bencana alam, kebakaran, dan longsor," tutur Ngatiyana.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna menyebutkan, kerja sama antara daerah perbatasan itu memang perlu dilakukan agar terjadi keselarasan, seperti pariwisata. Apalagi berdasarkan sejarah, Kota Cimahi sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Bandung sehingga harus terjalin komunikasi harmonis.

"Kami ingin bisa seperti antara Jogjakarta dengan Magelang yang terlihat kompak satu dengan yang lainnya. Kabupaten Bandung dengan Cimahi dan Kota Bandung juga harus begitu, skenarionya seperti apa nanti oleh sekda masing-masing wilayah dimatangkan," kata Dadang.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: