Pemkot Cimahi Bangun Kolam Retensi untuk Tuntaskan Banjir Melong

Adi Haryanto · Senin, 18 Januari 2021 - 13:15:00 WIB
Pemkot Cimahi Bangun Kolam Retensi untuk Tuntaskan Banjir Melong
Banjir merendam satu kawasan. (Foto: Ilustrasi/Dokumentasi)

CIMAHI iNews.id- Pemkot Cimahi terus berupaya untuk mengatasi persoalan yang muncul saat musim hujan di daerah langganan banjir. Salah satunya dengan membangun kolam retensi sebagai pengendali banjir di kawasan hulu, di Melong, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara.

"Daerah langganan banjir di Cimahi itu di kawasan Melong, makanya kita akan benahi kawasan hulunya dengan membangun kolam retensi di Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara," kata Kepala Seksi Drainase, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP), Kota Cimahi, Sambas Subadja, Senin (18/1/2021).

Menurutnya, luas lahan yang disiapkan untuk kolam retensi tersebut mencapai 9.940 meter persegi. Ketika kolam retensi dibangun diharapkan bisa jadi pengendali agar air yang mengalir ke wilayah hilir, salah satunya ke daerah Melong tidak terlalu melimpah.

Progres pembebasan lahannya sudah dilaporkan ke Badan Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang nantinya akan menggarap kolam retensi maupun pelebaran sungai di Cigugur Tengah. Semuanya sudah tuntas dengan total anggaran yang terserap sekitar Rp23 miliar lebih di 2019, serta Rp9 miliar lebih pada 2020.

"Surat ke BBWS sudah diajukan, semoga di 2022 segera bisa dibangun kolam retensi di Pasirkaliki,” tuturnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2