Pemkot Bandung Kembali Tekankan Pemakaman Covid-19 di TPU Cikadut Gratis

Arif Budianto ยท Minggu, 11 Juli 2021 - 12:44:00 WIB
Pemkot Bandung Kembali Tekankan Pemakaman Covid-19 di TPU Cikadut Gratis
Relawan pemikul peti jenazah di TPU Cikadut mengenakan APD. Mereka bersiap melaksanakan tugas memikul peti jenazah ke permakaman. (Foto: iNews/Ervan David)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung kembali menekankan bahwa pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Cikadut, tidak dipungut biaya alias gratis. Hal itu karena TPU Cikadut sudah ditetapkan khusus untuk pemakaman semua jenazah yang diduga terkait Covid-19, tanpa harus membedakan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Kepala Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung, Bambang Suhari, memastikan, seluruh layanan pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Cikadut gratis. Karena upah para petugas PHL tersebut sudah dibayar oleh Pemkot Bandung sesuai UMK dan selalu tepat waktu.

“Bahwa TPU Cikadut diperuntukan bagi jenazah warga Kota Bandung yang meninggal karena Covid-19, dan tidak dipungut biaya apapun untuk semua warga tanpa membeda-bedakan,” katanya, Minggu (11/7/2021).

Penegasan itu setelah sebelumnya sebuah tulisan salah satu warga Bandung viral di media sosial. Tulisan yang menyebar lewat WAG itu mengeluhkan adanya permintaan uang Rp4 juta oleh oknum petugas lepas pemikul jenazah. Keluhan itu ramai setelah sekian kalinya warga sempat mengeluhkan harga serupa. 

Bambang mengaku telah menugaskan UPT TPU Cikadut untuk mendatangkan bantuan petugas tambahan dari TPU lainnya. Hal ini mengantisipasi guna mengisi kekosongan apabila ada tenaga pemikul yang tidak bertugas.

“Saya sudah menugaskan untuk mengerahkan tenaga dari TPU Nagrog dan TPU Cikutra. Untuk membantu proses pemikulan di TPU Cikadut,” katanya.

Editor : Asep Supiandi