Gawat, 4 Varian Virus Covid-19 Diduga Telah Menyebar di Karawang

Nilakusuma ยท Minggu, 11 Juli 2021 - 11:48:00 WIB
Gawat, 4 Varian Virus Covid-19 Diduga Telah Menyebar di Karawang
Kepala Dinas Kesehatan Karawang, Endang Suryadi (kanan) menyebutkan empat varian virus Covid-19 telah menyebar di Karawang. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Empat varian virus Covid-19 diduga telah menyebar ke sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang. Bahkan, keempat varian itu sudah terdeteksi sejak juni 2021.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Karawang, Endang Suryadi, wilayahnya diserang oleh empat varian virus Covid-19, yaitu Alfa, Delta, Beta dan Gamma. 

"Empat varian ini sudah masuk Karawang dan menyebar ke berbagai wilayah dan sudah terdeteksi sejak Juni 2021," kata Endang, Minggu (11/7/2021)

Sementara itu, tingginya kasus Covid-19 di Karawang disebabkan oleh klaster industri. Dari klaster industri menyebar ke keluarga hingga akhirnya kasus penyebarannya tidak terkendali. 

Dia mengatakan, dalam satu pekan pertama pemberlakuan PPKM Darurat, positif rate Covid-19 mencapai angka 3.864 kasus dengan angka kematian mencapai 119 jiwa.

"Setelah kita cermati lebih dalam lagi tingginya kasus Covid-19 di Karawang belakangan ini dari kluster industri yang kemudian menyebar ke kluster keluarga. Jadi industri ini kan banyak karyawannya dan tinggal di perumahan hingga menjadi dua klaster industri dan keluarga," katanya.

Menurut dia, kasus Covid -19 di Karawang meningkat tajam seusai mudik Lebaran. Puncak penyebaran Covid -19 sebelumnya diprediksi pada minggu ketiga bulan Juni. "Sedikit meleset dari prediksi karena lebih cepat. Ternyata minggu kedua sudah mulai meningkat," katanya.

Editor : Asep Supiandi