Pemkot Bandung Bakal Bangun Kolam Retensi, Segini Biaya yang Disiapkan

Arif Budianto · Selasa, 20 April 2021 - 13:15:00 WIB
Pemkot Bandung Bakal Bangun Kolam Retensi, Segini Biaya yang Disiapkan
Lokasi kolam retensi yang akan segera dibangun di Jalan Bima, Kota Bandung, tahun ini. (Foto: Istimewa) 

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung bakal mempercepat pembangunan kolam retensi di Jalan Bima pada tahun ini. Untuk proyek ini, Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran Rp5,2 miliar.

Informasi yang dihimpun, pengerjaan kolam retensi Jalan Bima akan didukung dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp5,2 miliar. Saat ini, sedang dalam proses persiapan lelang, untuk segera dikerjakan oleh pihak ketiga. 

Rencananya, konsep kolam retensi Jalan Bima akan dilengkapi dengan penghijauan dan sejumlah fasilitas agar bisa dimanfaatkan sebagai area publik.

Area kolam dikerjakan di lahan milik Pemkot Bandung seluas 1.222 meter persegi. Memiliki kedalaman sekitar 3,5 meter, kolam retensi Jalan Bima mampu menampung air sebanyak 4.200 meter kubik.

Sebelumnya, Pemkot Bandung juga sudah membangun kolam retensi Sirnaraga di RW 06 Kelurahan Pajajaran, Kec. Cicendo. Kolam tersebut memiliki lahan 1.792 meter persegi, kolam retensi ini mampu menampung air hingga 3.335,26 meter kubik.

“Ini untuk mengurangi aliran Sungai Citepus yang mengalir ke Pagarsih dan Pasir Koja. Di sana juga sudah ada (kolam retensi) Sirnaraga,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi.

Editor : Asep Supiandi