Plt Bupati Hengki Kurniawan Mulai Tarik Mobil Dinas dari Pensiunan dan Pihak Ketiga

Adi Haryanto · Selasa, 20 April 2021 - 12:41:00 WIB
Plt Bupati Hengki Kurniawan Mulai Tarik Mobil Dinas dari Pensiunan dan Pihak Ketiga
Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan mengusulkan pengadaan mobil dinas pejabat bukan beli tapi sewa. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Penarikan mobil dinas di lingkungan Pemkab Bandung Barat (KBB) terus dilakukan. Namun dari total sebanyak 43 unit mobil dinas yang di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda), hingga kini baru tiga unit yang dikembalikan.
 
Kepala Bagian Rumah Tangga Setda KBB, Aa Wahya mengatakan, 3 unit mobil dinas yang telah dikembalikan tersebut berasal dari rumah bupati. Masing-masing, 2 unit yang biasa dipergunakan bupati dan 1 unit oleh istri bupati.

"Yang sudah dikembalikan ada tiga mobil dari delapan mobil yang ada di Lembang. Harapannya sisanya segera diserahkan juga," ucapnya, Selasa (20/4/2021).

Menurutnya, dasar pengembalian mobil dinas itu karena Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) telah melayangkan surat edaran terkait pengembalian mobil dinas yang menjadi aset daerah tersebut.

Selain di Lembang, kata dia, mobil dinas di lingkungan Setda juga sebanyak 16 unit berada di pihak luar. Seperti Karang Taruna, Himpaudi dan pensiunan ASN totalnya ada 8 unit. Sisanya dipergunakan seperti oleh Plt Bupati, para asisten, staf ahli, para kepala bagian, termasuk unsur pimpinan.

"Sesuai arahan Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, pengambilan kendaraan dinas itu dilakukan secara bertahap dan melalui surat resmi," ujarnya. 

Namun apabila surat resmi tidak digubris juga, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Polisi (Satpol) PP, untuk mengambil paksa. Serta berkoordinasi dengan Bidang Aset untuk invetarisasi dan penarikan kendaraan dinas yang dipakai pihak ketiga.

"Harus dikembalikan, termasuk yang dipakai pihak ketiga, karena itu aset pemerintah," katanya. 

Editor : Asep Supiandi