Pemkab Bandung Minta Bantuan BNPB untuk Padamkan Kebakaran di Kawah Putih Ciwidey

Agus Warsudi, Antara ยท Selasa, 08 Oktober 2019 - 15:15 WIB
Pemkab Bandung Minta Bantuan BNPB untuk Padamkan Kebakaran di Kawah Putih Ciwidey
Proses pemadaman kebakaran hutan. (Foto: Dok iNews).

BANDUNG, iNews.id - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), telah meminta bantuan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di objek wisata Kawah Putih Ciwidey.

Kasie Pemadaman dan Investigasi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bandung, M Saepuloh mengatakan, pemadaman api di Ciwidey dan sejumlah kawasan lainnya, sudah tidak bisa ditangani petugas pemadam kebakaran di lapangan.

"Skalanya sudah tidak bisa lagi dengan dua atau tiga unit mobil pemadam, bahkan 10 mobil pun tidak akan mati. Karena medannya tinggi, kemiringannya 60 derajat, sehingga personel kita kesulitan," kata Sepuloh di Kabupaten Bandung, Jabar, Selasa (12/10/2019).

Karena itu, pihaknya mengajukan permohonan bantuan kepada BNPB untuk bisa menerjunkan pesawat atau helikopter bom air. Permintaan tersebut juga sudah mendapat petunjuk dari Bupati Bandung.

Kebakaran hutan di lokasi wisata Kawah Putih Ciwidey Kabupaten Bandung. (Foto: iNews).

Sejauh ini, penanganan yang dilakukan hanya meminimalisasi sebaran api, supaya tidak menyebar hingga ke permukiman warga. Namun, sementara titik api masih jauh dari lokasi domisili masyarakat.

"Yang kita amankan warga, kalau kawah putih itu kan jauh dengan pemukiman warga, masih berjarak sekitar lima kilometer, masih aman," ujar dia.

Hingga saat ini pihaknya masih belum bisa melaporkan berapa luas lahan yang terbakar dan melakukan investigasi karena api masih belum padam. Proses pemadaman karhutla dan investigasi luas lahan terdampak, kata dia, butuh waktu satu pekan.

"Berbeda dengan kebakaran rumah, toko atau yang lainnya karena bisa segera dipadamkan dan pendinginan, baru kita lakukan investigasi," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal