Kebakaran Hutan di Kawah Putih Ciwidey, Petugas Padamkan Api secara Manual dan Alat Seadanya

Saufat Endrawan ยท Selasa, 08 Oktober 2019 - 13:15 WIB
Kebakaran Hutan di Kawah Putih Ciwidey, Petugas Padamkan Api secara Manual dan Alat Seadanya
Kondisi kebakaran hutan di area Kawah Putih Ciwidey. (Foto: iNews/Saufat).

BANDUNG, iNews.id - Petugas pemadam kebakaran hutan di lokasi wisata Kawah Putih Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) terkendala medan yang terjal. Petugas kesulitan menjinakkan api, karena proses pemadaman dilakukan secara manual.

Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung, Kawaludin mengatakan, tim gabungan dari Damkar, BPBD, TNI dan Polri serta relawan tidak bisa berbuat banyak untuk memadamkan api.

"Kami pakai cara manual dan alat seadanya, sementara tiupan angin membuat api semakin menyebar," kata Kawaludin kepada wartawan di Kabupaten Bandung, Jabar, Selasa (8/10/2019).

Menurut dia, api sulit dijinakkan, karena kendaraan Damkar tak mampu menuju lokasi kebakaran. Kawaludin mengatakan, BPBD sudah berkoordinasi dengan BNPB untuk mendatangkan pesawat bom air.

Petugas tim gabungan berusaha memadamkan api di lokasi Kawah Putih Ciwidey Bandung secara manual, karena medan terjal di area tersebut. (Foto: iNews).

Kawaludin mengatakan, kalau dirunut penyebab kebakaran biasanya karena ulah manusia. Baik ceroboh maupun sengaja. Karena itu, dia meminta masyarakat dapat menjaga alam, sehingga bencana seperti ini tidak terulang.

BPBD Provinsi Jabar mengklaim kebakaran hutan di lokasi wisata Kawah Putih Ciwidey, Kabupaten Bandung, mencapai 15 hektare. Hingga kini sejumlah titik api masih dalam proses pemadaman tim gabungan.

"Penanganan awal yang dilakukan membuat parit dan penyiraman oleh petugas pemadam kebakaran supaya api tidak merembet," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal