Pemilih Pilkades Serentak di Purwakarta Dibatasi, Segini Jumlah per TPS

Asep Supiandi ยท Minggu, 23 Mei 2021 - 17:40:00 WIB
Pemilih Pilkades Serentak di Purwakarta Dibatasi, Segini Jumlah per TPS
Ilistrasi Pilkades serentak. (Foto: Dok)

PURWAKARTA, iNews.id - Pemkab Purwakarta membatasi pemilih sebanyak 500 orang untuk setiap tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 secara serentak. Pembatasan ini sebagai upaya meminimalisasi penularan Covid-19 di saat pesta demokrasi berlangsung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengatakan, pembatasan 500 pemilih per TPS sesuai dengan mekanisme pelaksanaan pilkades di masa pandemi. Adapun jumlah totalnya sebanyak 1.210 TPS yang tersebar di 170 desa yang melaksanakan pilkades pada 25 Agustus 2021 mendatang.

"Saat ini sudah memasuki tahapan proses penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) di masing-masing desa. Tentunya dalam pelaksanaannya jumlah pemilih dibatasi guna menghindari penularan Covid-19," kata Jaya, Minggu (23/5/2021).

Ihwal pembiayaan prtokol kesehatan (prokes), dia menyebutkan, hal itu ditanggulangi oleh alokasi dana desa. Sementara pembiayaan lainnya bersumber dari APBD kabupaten dengan total sebesar Rp29,4 miliar.

Sementara itu, dalam hal pencalonan, Jaya menuturkan, sesuai aturan yang berlaku jumlah calon kepala desa (cakades) minimal dua orang dan maksimal lima orang per desa.

"Apabila dalam satu desa ternyata ada lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi agar jumlahnya lima orang. Dalam seleksi ini pemkab akan bekerja sama dengan perguruan tinggi tertentu," ucap dia. 

Editor : Asep Supiandi