Pembatalan Keberangkatan Calhaj Justru Bawa Berkah bagi Pedagang Hewan Kurban

Adi Haryanto ยท Jumat, 09 Juli 2021 - 19:48:00 WIB
Pembatalan Keberangkatan Calhaj Justru Bawa Berkah bagi Pedagang Hewan Kurban
Ana Gugum menunjukkan sapi kurban di peternakannya di Kampung Sukamaju, RT 1/4, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, KBB, yang siap dijual untuk pasokan kurban Idul Adha tahun ini. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pembatalan keberangkatan calon jemaah haji (calhaj) 2021 dari Indonesia, justru membawa berkah bagi pedagang hewan kurban. Meski Idul Adha 2021 masih beberapa pekan lagi, pedagang hewan kurban kebanjiran pembeli.

Seperti Ana Gugum (40), peternak sapi kurban asal Kampung Sukamaju, RT 1/4, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Ana Gugum sudah berhasil menjual ratusan ekor sapi. 

Bahkan ketika kondisi sedang pandemi Covid-19, penjualan sapi kurban di tempatnya justru mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan momen Idul Adha tahun lalu, dikarenakan permintaan meningkat.

"Selama dua bulan terakhir, saya sudah jual 650 ekor sapi ke berbagai daerah. Semuanya untuk persiapan kurban. Itu naik 30 persen dibanding tahun lalu di periode sama," kata Ana Gugum, Jumat (9/7/2021).

Ana Gugum berharap tahun ini bisa menjual sebanyak 1.000 hewan kurban karena tahun lalu hanya bisa menjual 512 ekor sapi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kenaikan penjualan sapi tahun ini karena pihaknya sudah memiliki banyak reseller dan adanya pembatalan ibadah haji sehingga banyak warga membeli hewan kurban. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: