10 Tempat Pemandian Air Panas di Bandung yang Rekomended dan Cocok untuk Relaksasi

Reza Rizki Saputra ยท Kamis, 28 Juli 2022 - 16:58:00 WIB
10 Tempat Pemandian Air Panas di Bandung yang Rekomended dan Cocok untuk Relaksasi
Pemandian Air Panas Sari Ater. Foto: Instagram/@sariaterhotspring)

JAKARTA, iNews.id - Buat kalian yang lelah setelah penat seminggu bekerja, pemandian air panas di Bandung dapat jadi solusinya. Ya, Bandung memang tak pernah gagal dalam memberikan kenyamanan kepada siapa pun yang berkunjung ke sana.

Selain menyuguhkan udara sejuk dan pemandangan indah, Bandung juga memiliki tempat pemandian air panas yang cocok untuk merelaksasi tubuh.

Bagi Anda yang berencana ingin menikmati waktu akhir pekan dengan berendam air panas yang ada di Bandung, kami telah menyusun rekomendasi tempat pemandian air panas di Bandung. Berikut ulasan 10 pemandian air panas di Bandung:  

1. Cibuni Rengganis Crater

Pemandian air panas di Bandung yang harus dikunjungi adalah Kawah Rengganis Cibuni. Kawah ini terbentuk akibat letusan Gunung Sunda dan kini dijadikan sebagai tempat wisata yang menyuguhkan suasana serta pemandangan alami.

Dari kawah tersebut, terdapat kolam dengan air panas alami yang juga disebut Kolam Pemandian Air Panas Kawah Cibuni. Lokasinya yang terletak di tengah perkebunan teh, sehingga membuat tempat pemandian air panas di Bandung ini dapat memberikan kamu sensasi yang tenang serta menyejukkan.

Pemandian air panas ini berlokasi di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp5.000 per orang. Pemandian air panas ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. 

2. Pemandian Air Panas Ciwalini

Air Panas Wilini. (Foto: Instagram)
Air Panas Wilini. (Foto: Instagram)

Tempat pemandian air yang satu ini menjadi salah satu lokasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan Pemandian Air Panas Ciwalini ini menyuguhkan pemandangan yang begitu indah. Ditambah lagi, udaranya yang sejuk membuat siapapun nyaman berada di sini.

Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Ciwalini ini cukup ramah di kantong. Dengan harga mulai Rp40.000-an saja, pengunjung sudah dapat menikmati nyamannya berendam di pemandian air panas.

Selain pemandian air panas, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas liburan lengkap seperti flying fox, persewaan ATV, hingga terapi ikan.

Bagi kalian yang ingin mengunjunginya, Pemandian Air Panas Ciwalini ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Pemandian ini di buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB dengan catatan hari Jumat libur. 

3. Pemandian Air Panas Cibolang

Untuk kalian yang sedang berlibur di sekitar Pangalengan, kalian bisa mampir dan menyempatkan diri untuk berendam di Pemandian Air Panas Cibolang. Meskipun berada kurang lebih 3 jam dari Kota Bandung, kalian tidak akan dibuat kecewa karena terdapat banyak destinasi wisata yang menarik di sana.

Tak hanya berendam, fasilitas penginapan dan restoran pun tersedia di sana. Jangan lupa juga eksplore keindahan alam di sekitarnya. Kunjungi juga Kebun Teh Malabar, Hutan Pinus Rahong, hingga Wisata rumah pengabdi setan yang akan langsung membuat merinding!

Lokasi pemandian air panas ini berada di Wanasuka, Keca matan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuknya dimulai dari Rp10.000-an per orang. Pemandian air panas ini dibuka setiap hari selama 24 jam. 

4. Pemandian Air Panas Kampung Cai Ranca Upas

Pemandian air panas di Bandung yang satu ini memang kerap jadi incaran wisatawan ketika berada di Bandung. Lokasi pemandian air panas ini dekat dengan beberapa wisata populer di Bandung seperti Situ Patenggang, Kawah Putih, dan masih banyak lagi.

Untuk harga tiket masuknya dimulai dari Rp25.000-an dan kalian telah dapat menikmati pemandian air panas Ranca Upas. Pemandian air panas ini terletak di Jalan Camp Ranca Upas, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
 
5. Pemandian Air Panas Cipanas Nagrak Parongpong

Wisata Kolam Cipanas Nagrak (Foto: Instagram)
Wisata Kolam Cipanas Nagrak (Foto: Instagram)

Pemandian Air Panas Cipanas Nagrak Parongpong merupakan salah satu destinasi wisata alam yang masih belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Lokasinya terletak di perbatasan antara Desa Nagrak, Kecamatan Lembang dan Desa Kancah, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Di pemandian air panas ini, pengunjung bisa menikmati wisata air panas yang mengalir dari Gunung Tangkuban Perahu ke kolam alami. Untungnya, kolam ini juga aman untuk anak-anak karena kedalaman kolamnya yang tak terlalu dalam. 

Terdapat juga beberapa gubuk dan tikar di sekitar area air terjun yang mana pengunjung dapat beristirahat sambil menunggu anggota keluarga bermain air. 

Pemandian air panas ini berlokasi di Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuk dimulai dari Rp25.000-an per orang. Pemandian air panas ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: