Pedagang Bandung Minta Pemerintah Tak Perpanjang Status PPKM Level 4

Arif Budianto · Senin, 09 Agustus 2021 - 14:54:00 WIB
Pedagang Bandung Minta Pemerintah Tak Perpanjang Status PPKM Level 4
Pasar Baru Bandung saat ramai pembeli. (Foto: iNews.id/Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Pedagang Bandung yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B) meminta pemerintah tidak memperpanjang status PPKM Level 4 yang bakal berakhir hari ini. Mereka menilai perpanjangan di level ini akan membuat ekonomi pedagang semakin hancur. 

"Saya sangat berharap PPKM tidak lagi di Level 4. Karena ekonomi kami bisa hancur. Sudah cukup," kata Ketua Umum HP2B Iwan Suhermawan kepada MPI, Senin (9/8/2021).

Dia memperkirakan, pemerintah bakal memperpanjang PPKM untuk Jawa dan Bali. Namun, dia meminta status level di Bandung bisa berubah. Karena sejak awal Juli Bandung berada di PPKM Darurat dan Level 4. Aktivitas masyarakat sangat terbatas. Saat ini banyak pekerja di rumahkan akibat kondisi yang cukup berat. 

Sementara, kata dia, Bandung sudah menunjukkan kondisi membaik. Hal itu tampak pada beberapa indikator turunnya kasus Covid-29, vaksinasi yang digelar cukup masif, dan BOR yang terus menurun.

"Setidaknya kalau bisa turun level, hotel, restoran, kafe, dan tempat wisata bisa buka kembali. Ini akan memberi multiplayer efek yang cukup besar. Perdagangan juga akan bergairah karena mobilitas warga kembali naik," ujar dia.

Iwan menyebutkan, kendati Pasar Baru Bandung telah buka saat PPKM Level 4, kondisi penjualan masih cukup berat. Hal itu terjadi karena wisatawan minim dan warga lokal Bandung raya masih kesulitan beraktivitas. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: