Partai Demokrat KBB Ternyata Sudah Siapkan 2 Figur Isi Jabatan Kursi Wabup

Adi Haryanto · Selasa, 16 November 2021 - 18:55:00 WIB
Partai Demokrat KBB Ternyata Sudah Siapkan 2 Figur Isi Jabatan Kursi Wabup
Ketua DPC Partai Demokrat, KBB, Iwan Setiawan. (Foto: Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Wacana pengusungan nama Wakil Bupati Bandung Barat terus mengemuka. Sejumlah partai koalisi pun saling klaim jika jabatan kursi wakil bupati (wabup) yang ditinggalkan Hengki Kurniawan adalah milik mereka. 

Partai NasDem lebih dulu mengklaim jika kursi kosong itu adalah milik mereka karena Bupati Bandung Barat Non Aktif Aa Umbara Sutisna berasal dari NasDem. Bahkan partai besutan Surya Paloh itu sudah menyiapkan dua nama sebagai calonnya. 

Namun belakangan Partai Demokrat juga mengklaim jika mereka layak menempati posisi kursi wabup. Pertimbangannya karena Partai Demokrat justru partai pertama yang kehilangan kader di eksekutif karena Hengki Kurniawan kini telah pindah partai ke PDI.

"NasDem boleh saja mengusulkan, sah-sah saja. Tapi gak bisa juga mengklaim jatah mereka, karena Demokrat juga yang pertama kehilangan (Hengki)," kata Ketua DPC Partai Demokrat KBB Iwan Setiawan, Selasa (15/11/2021).

Menurutnya, argumen-argumen seperti itu susah tolok ukurnya sebab intinya semua partai koalisi memiliki hak yang sama untuk mengajukan kader terbaiknya. Partai koalisi yang mendukung Aa Umbara-Hengki Kurniawan (Akur) ada dari PAN, NasDem, PKS, Demokrat, dan PKPI.  

Pada prinsipnya, lanjut Iwan, semua anggota partai koalisi AKUR harus duduk bersama merumuskan dan menggelar musyawarah menentukan parameter calon wakil bupati yang bisa diterima semua pihak. Misalnya, melihat trek rekor kapasitas kepemimpinan dan kompetensi dalam menjalankan roda pemerintahan. 

"Kapasitas dan kompetensi harus menjadi hal utama agar KBB bisa lebih baik ke depannya. Insya Allah Partai Demokrat memiliki kader yang sesuai dengan parameter tersebut," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: