Orasi Ilmiah di Unswagati Cirebon, KSAD: Ini Peran Mahasiswa dalam Sistem Pertahanan

Agus Warsudi ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 13:18:00 WIB
Orasi Ilmiah di Unswagati Cirebon, KSAD: Ini Peran Mahasiswa dalam Sistem Pertahanan
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat menyampaikan orasi ilmiah dalam Dies Natalis ke-61 Unswagati Cirebon. (Foto: Pendam Siliwangi)

BANDUNG, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan orasi ilmiah dengan tema "Peran Mahasiswa Dalam Sistem Pertahanan Yang Bersifat Semesta". Orasi ilmiah itu disampaikan KSAD dalam Dies Natalis ke-61 Uniswagati Cirebon di Auditorium Kampus 1 Unswagati pada Minggu 16 Januari 2022. 

Dalam orasi ilmiah, KSAD yang merupakan Pembina Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) ini mengatakan, di era disrupsi, telah terjadi inovasi dan perubahan besar-besaran secara fundamental mengubah sistem tatanan ke cara baru yang cenderung menggunakan teknologi internet sebagai kelompok utama.

Saat ini, kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman, pengguna internet di Indonesia mencapai 175,4 juta orang dengan penggunaan waktu rata-rata selama 7 jam 59 menit per hari. Para pengguna internet itu rata-rata fokus perhatian dari generasi milenial, remaja dan pemuda, sekitar 12 detik. Sedangkan di kalangan generasi pascamilenial atau dewasa hanya 8 detik.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: