Nelayan Pantai Jayanti Cianjur Tangkap Buaya Muara 1,5 Meter

Antara · Jumat, 26 Maret 2021 - 23:40:00 WIB
Nelayan Pantai Jayanti Cianjur Tangkap Buaya Muara 1,5 Meter
Nelayan di Pantai Jayanti menangkap seekor buaya muara sepanjang 1,5 meter dan bobot 10 kg. (Foto: Antara)

CIANJUR, iNews.id - Nelayan di Pantai Jayanti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menangkap seekor buaya muara sepanjang 1,5 meter dengan bobot 50 kilogram (kg). Hewan buas itu kemudian diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, Resort Gunung Simpang, Kabupaten Cianjur.

Kepala BKSDA Resort Gunung Simpang Meri Juanda mengatakan, petugas langsung menuju ke lokasi penemuan buaya muara yang masuk dalam hewan langka dilindungi itu, setelah mendapat laporan dari nelayan sekitar yang menemukannya. Nelayan yang sedang mencari ikan menangkap buaya tersebut. 

"Kami mendapat laporan dari aparat setempat terkait, temuan buaya sepanjang 1,5 meter dengan berat 10 kilogram itu, ditangkap empat orang nelayan di perairan Kampung Puncak Kukun, Desa Karangwangi, Kecamatan Cidaun, saat mencari ikan dan karang laut," katanya.

Buaya muara yang diperkirakan berusia kurang dari satu tahun itu, merupakan hewan langka yang dilindungi, sehingga warga atau nelayan diimbau agar tidak memburu atau membunuh hewan tersebut, karena beredar informasi sebelumnya warga sempat melihat dua ekor buaya di sekitaran muara.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3