Nelayan Jabar Terdampak Kenaikan Harga BBM Bakal Dapat Bantuan Rp150.000 per Bulan 

Agung Bakti Sarasa · Rabu, 21 September 2022 - 08:56:00 WIB
Nelayan Jabar Terdampak Kenaikan Harga BBM Bakal Dapat Bantuan Rp150.000 per Bulan 
Nelayan Indramayu memilih menyandarkan kapal mereka di dermaga karena tak sanggup menanggung biaya melaut yang melambung akibat harga BBM naik. (FOTO: ANDRIAN SUPENDI)

BANDUNG, iNews.id - Pemprov Jawa Barat bakal menyalurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp150.000 per bulan kepada para nelayan yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak. Kebijakan itu diputuskan Pemprov Jabar bersama stakeholder dalam Rapat Koordinasi Rencana Penyaluran BBM bagi Nelayan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (21/9/2022). 

"BLT nelayan sudah diputuskan. Akan diberikan secara tunai Rp150.000 per bulan," kata Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum seusai rapat. 

Uu Ruzhanul Ulum, dampak kenaikan harga BBM tidak hanya dirasakan para pelaku angkutan umum yang sudah lebih dulu diputuskan bakal mendapatkan dana BLT, melainkan juga nelayan yang kini kesulitan mendapatkan BBM untuk melaut. 

Tidak seperti BLT bagi para pelaku angkutan umum yang menggunakan sistem voucher, Uu Ruzhanul Ulum memastikan bahwa BLT bagi nelayan akan dibagikan secara tunai agar lebih praktis dan efisien. 

"Bantuan diberikan secara tunai, seperti biasa. Kalau voucher ribet, seperti yang disampaikan tadi di rapat, maka lebih baik dengan tunai," ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Wagub Jabar memastikan, penyaluran BLT bagi nelayan tetap didahului dengan pendataan dan verifikasi, agar penyaluran dana bantuan tersebut tepat sasaran. 

"Saya juga minta pemerintah pusat untuk memvalidasi data di daerah sehingga ada unsur keadilan. Jangan sampai yang kaya dapat, sementara yang seharusnya dapat, karena tidak ada uang atau miskin malah gak dapat, itu yang tidak kita inginkan," tutur Wagub Jabar.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: