Nasib Status Geopark Ciletuh Sukabumi Sebagai UGG Bakal Ditentukan September

Toni Kamajaya ยท Rabu, 08 Juni 2022 - 22:55:00 WIB
Nasib Status Geopark Ciletuh Sukabumi Sebagai UGG Bakal Ditentukan September
Pantai di Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi. (Foto: Istimewa)

SUKABUMI, iNews.id - Unesco kembali merevalidasi atas status Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, sebagai Unesco Global Geopark (UGG). Proses revalidasi tersebut menyusul berakhirnya status UGG yang disandang Geopark Ciletuh selama dua tahun terakhir pada 16 April 2022. 

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, proses revalidasi yang dilakukan oleh tim Asesor Unesco telah seusai dilaksanakan, baru-baru ini. Dia meyakini Geopark yang berlokasi di selatan Sukabumi tersebut akan kembali menyandang predikat UGG.

"Sudah dilakukan penilaian oleh tim assesor, hasil keputusannya akan ditentukan pada September nanti. Kami yakin status UGG akan kembali diperpanjang," kata Marwan kepada MNC, Rabu (8/6/2022).

Keyakinan akan diraihnya kembali predikat sebagai taman dunia itu lebih disebabkan karena telah terpenuhinya 13 poin persyaratan yang direkomendasikan oleh Unesco. 

"Ada beberapa indikator yang belum terselesaikan, Di antaranya infrastruktur jalan di sejumlah titik. Namun secara keseluruhan 13 rekomendasi Unesco telah terpenuhi," ujarnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: