Musim Hujan, Warga Bandung Diteror Ular, Diskar PB Terima 112 Laporan

Agus Warsudi ยท Rabu, 11 November 2020 - 17:45:00 WIB
Musim Hujan, Warga Bandung Diteror Ular, Diskar PB Terima 112 Laporan
Ular King Kobra. Foto/Istimewa

BANDUNG, iNews.id - Seiring memasuki musim hujan, warga di beberapa kawasan Kota Bandung diteror ular. Sebanyak 112 laporan masyarakat terkait kedatangan hewan melata dan berbisa itu diterima Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

Ular-ular baik yang berbisa maupun tidak itu muncul dan masuk ke rumah-rumah warga saat hujan deras disusul banjir cileuncang melanda sejumlah kawasan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Kabid Kesiapsiaagaan Diskar PB Kota Bandung Yusuf Hidayat mengatakan, ular biasanya terbawa aliran sungai yang meluap dari habitatnya di kawasan semak belukar dan hutan ke pemukiman masyarakat.

Peristiwa ular muncul di permukiman warga, kata Yusuf, sering terjadi seiring perubahan musim dari kemarau ke penghujan.

"Seringnya itu saat musim hujan, air sungai dan drainase naik, banjir. Ular terbawa aliran air, baik dari pegunungan maupun sungai, lalu terbawa sampai kompleks (permukiman warga)," kata Kabid Kesiapsiaagaan Diskar PB Kota Bandung di Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Rabu (11/11/2020).

Berdasarkan laporan yang diterima, ujar Yusuf, ular baik yang berbisa maupun tidak, biasanya masuk ke rumah warga melalui saluran pembuangan rumah tangga. Bahkan tak jarang dari pintu depan rumah.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2