Musim Hujan Tiba, Banjir Melanda, Ini Penampakan Sampah di Bojongsoang 

Arif Budianto · Kamis, 04 November 2021 - 15:49:00 WIB
Musim Hujan Tiba, Banjir Melanda, Ini Penampakan Sampah di Bojongsoang 
Tumpukan sampah yang memenuhi anak Sungai Citaurm di Kecamatan Bojongsoang. (Foto: Tangkapan Layar Video)

BANDUNG, iNews.id - Hujan deras pada Selasa 2 November 2021 telah menyebabkan tiga kecamatan di Kabupaten Bandung terendam banjir. Banjir disebabkan air Sungai Citarum yang meluap akibat tingginya debit air hujan di hulu.

Pascabanjir, anak Sungai Citarum di Jembatan Bojongsoang, dipenuhi sampah. Informasi dari penggiat sungai Yadi, kondisi sampah cukup banyak mengumpul di bawah jembatan. Bahkan, sampah itu memenuhi badan sungai sejauh belasan meter. 

Tampak sampah yang memenuhi sungai, adalah material kayu, plastik, botol air mineral, dan lain-lain. "Kelihatannya itu sampah kumpulan dari hulu sungai, wilayah utara Bandung," kata Yadi. 

Akibat banyak material yang terbawa, sampah menumpuk di bagian hilir dan tersendat di anak Sungai Citarum. "Mestinya diangkat sebelum terbawa ke Sungai Citarum. Semoga hari ini bisa terangkat menggunakan alat berat," ujarnya.

Menurut Yadi, fenomena sampah menumpuk di sekitar jembatan Bojongsoang sebenarnya selalu terjadi setiap tahun. Terutama setelah banjir melanda. Kondisi ini mestinya menjadi perhatian masyarakat agar menjaga lingkungan. Sampah tidak dibuang ke sungai agar aliran air lancar.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: