Muncul Suspek Positif Penyakit Mulut dan Kuku Hewan di Jabar, Tim Respons Cepat Dibentuk

Agung Bakti Sarasa · Rabu, 11 Mei 2022 - 14:22:00 WIB
Muncul Suspek Positif Penyakit Mulut dan Kuku Hewan di Jabar, Tim Respons Cepat Dibentuk
Pemprov Jabar mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kaki hewan dengan membentuk unit respons cepat. (Foto: Dok)

BANDUNG, iNews.id - Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar membentuk tim respons cepat menyusul kemunculan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di sejumlah daerah. Koordinasi pun langsung dilakukan untuk mengantisipasi penularan penyakit pada hewan tersebut.

Kepala DKPP Jabar, Moh Arifin Soedjayana mengatakan, setelah Dinas Peternakan Jawa Timur melaporkan adanya kasus PMK, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Jabar untuk mencegah dan mewaspadai temuan kasus PMK.

"Jawa Timur itu melaporkan 5 Mei (2022). Dari informasi tersebut, besoknya kami langsung koordinasi dengan daerah agar meningkatkan kewaspadaan karena ada laporan dari Garut bahwa ada suspek PMK di sana," ujar Arifin di Bandung, Rabu (11/10/2022). 

Arifin melanjutkan, pada 7 Mei 2022 lalu, DKPP Jabar bersama Tim Balai Veteriner Subang langsung mengambil sampel suspek PMK di Garut. Selain di Garut, pada hari berikutnya, sampel juga diambil di lokasi suspek PMK di Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Banjar. 

"Sejumlah sampel terkonfirmasi 100 persen positif PMK," kata Arifin.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: