Mobil Listrik Hyundai Rp600 Juta Jadi Kendaraan Dinas Baru Ridwan Kamil

Agung Bakti Sarasa · Selasa, 29 Desember 2020 - 21:56:00 WIB
Mobil Listrik Hyundai Rp600 Juta Jadi Kendaraan Dinas Baru Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berpose dengan mobil listrik Hyundai yang akan digunakan sebagai kendaraan dinas. (Foto : Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal menggunakan mobil listrik Hyundai sebagai kendaraan operasional kedinasan baru. Tiga unit mobil listrik Hyundai diserahkan oleh Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia Sung Jong Ha kepada Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (29/12/2020).

Dengan adanya serah terima itu, Jabar menjadi provinsi pertama di Indonesia yang memiliki kendaraan operasional kedinasan berupa mobil listrik.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil menjelaskan, dua unit mobil listrik tersebut akan digunakan sebagai kendaraan operasional kedinasan Gubernur Jabar dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum dan satu unit lainnya akan digunakan untuk operasional polisi patwal Gubernur.

Ke depan, kata Kang Emil, Pemprov Jabar secara bertahap akan mengalihkan seluruh kendaraan-kendaraan dinas menjadi mobil listrik.

"Dan kami jadi provinsi pertama, pemerintah daerah pertama yang secara resmi mengalihkan kebijakan kendaraan konvensional ke kendaraan listrik," katanya.

Untuk dipahami, Kang Emil berujar bahwa efisiensi biaya menjadi salah satu alasan pihaknya memutuskan untuk mengalihkan kendaraan operasional kedinasan ke mobil listrik. Dengan mobil listrik, Pemprov Jabar bisa menghemat pengeluaran anggaran biaya bahan bakar minyak (BBM) hingga seperlimanya.

"Penghematan biaya (dengan mobil listrik) luar biasa. Untuk 300 kilometer menggunakan BBM itu bisa Rp300.000, tapi kalau dengan kendaraan listrik ini cukup sekitar Rp50.000-an kalau dikonversi ke biaya," terang Kang Emil.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3