Menteri Teten Masduki Sebut Kesadaran Berkoperasi Masyarakat Indonesia Sangat Rendah

Agung Bakti Sarasa ยท Kamis, 14 Juli 2022 - 09:06:00 WIB
Menteri Teten Masduki Sebut Kesadaran Berkoperasi Masyarakat Indonesia Sangat Rendah
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki menyebut tingkat kesadaran berkoperasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah. (Foto: iNews.id/Agung Bakti Sarasa)

SUMEDANG, iNews.id - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki menyebut kesadaran masyarakat Indonesia untuk berkoperasi masih sangat rendah. Hal itu diungkapkan Teten saat kunjungan kerja dalam rangka Peringatan ke-75 Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Kampus IKOPIN University, Kabupaten Sumedang, beberapa waktu lalu.

Menurut Teten, dengan masih sangat rendahnya tingkat kesadaran berkoperasi masyarakat Indonesia, maka diperlukan upaya untuk menjadikan koperasi sebagai pilihan utama masyarakat dalam mengembangkan perekonomian. 

Agar hal itu terwujud, kata Teten, koperasi perlu membenahi dan memperkuat ekosistem kelembagaannya. Sehingga, koperasi akan mampu mengembangkan potensinya. Selain itu, koperasi juga harus memperbaiki akuntabilitas dan tata kelola.

"Memang kalau dilihat dari rata-rata orang Indonesia berkoperasi ini baru 8 persen, di dunia 16 persen. Ini perlu kita terus upayakan bagaimana koperasi menjadi pilihan rasional masyarakat ketika mereka ingin berusaha," ujar Teten dalam keterangan resmi, Rabu (13/7/2022). 

"Yang harus dibenahi itu adalah ekosistem kelembagaan koperasi harus diperkuat supaya koperasi bisa terus mengembangkan modal bisnisnya, akuntabilitasnya juga membaik, termasuk tata kelolanya," kata Teten. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: