Menkominfo Sebut 200 Pos Militer Terdeteksi Masih Blank Spot 

Adi Haryanto · Senin, 18 Juli 2022 - 18:59:00 WIB
Menkominfo Sebut 200 Pos Militer Terdeteksi Masih Blank Spot 
Jaringan internet. (Foto: Dok)

CIMAHI, iNews.id - Sekitar 200 pos militer TNI/Polri di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) hingga kini belum terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi alias blank spot. Kondisi itu terjadi karena belum tersedianya sarana dan prasarana pendukung telekomunikasi. 

"Hasil identifikasi ada sekitar 200 pos militer khususnya TNI AD di daerah 3T yang masih blank spot," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate, di Pusdikhub Cimahi, Senin (18/7/2022).

Johnny menilai, kondisi itu tentunya cukup menyulitkan komunikasi dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan wilayah NKRI di daerah terluar dan perbatasan dengan negara lain. Padahal banyak informasi ataupun laporan di lapangan yang mestinya bisa tersampaikan dengan cepat dan real time. 

Adanya keterbatasan sarana dan prasarana penunjang konektivitas telekomunikasi itu, mendorong pihaknya untuk membangun jaringan yang cepat dalam bentuk akses internet. Yakni kapasitas satelit yang dihadirkan di pos-pos tersebut melalui jaringan WiFi.

Selain itu yang juga harus diperhatikan adalah dukungan dari jaringan listrik. Sehingga pihaknya bukan hanya menyiapkan terestrial ground segment, tapi juga harus memikirkan dan menyiapkan power supply di wilayah yang masih blank spot. 

"Tidak adanya sumber listrik juga jadi masalah utama yang mengganjal, dalam penyediaan jaringan telekomunikasi ini," tuturnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: